Indonesia khususnya provinsi Sumatera Barat memiliki kekayaan flora yang beragam. Tanaman yang hidup di dataran tinggi dan dataran rendah memiliki kekhasan tersendiri. Dari berbagai jenis tanaman, Gambir (Uncaria gambier Roxb) merupakan tumbuhan yang tumbuh di kawasan tropis yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sumatera Barat terkenal sebagai salah satu provinsi penghasil gambir terbesar di Indonesia. Gambir merupakan hasil ekstraksi dari daun tanaman gambir yang mengandung senyawa polifenol. Senyawa polifenol yang terdapat diekstrak gambir ini adalah katekin yang berperan sebagai senyawa antimikroba dan antioksidan. Manfaat gambir secara tradisional adalah sebagai pelengkap makan sirih dan obat-obatan, obat luka bakar, sakit perut, sakit gigi, disamping itu rebusan daun muda dan tunasnya digunakan sebagai obat diare dan disentri serta obat kumur-kumur pada sakit kerongkongan. Secara modren gambir banyak digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan makanan, di antaranya bahan baku obat penyakit hati dengan paten “catergen”, bahan baku permen yang melegakan kerongkongan bagi perokok dan penyamak kulit. Seiring dengan kemajuan tekhnologi saat ini gambir banyak dipergunakan secara luas dalam industri farmasi, kosmetik, pangan, tekstil serta tinta.

Dalam bidang kecantikan gambir banyak dimanfaatkan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit. Kandungan antioksidan di dalam gambir dapat menghambat proses oksidasi yang terjadi pada sel kulit. Sehingga kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan lebih segar. Ekstrak gambir dalam produk skincare memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang membuat efek kulit lebih cerah. Selain fungsinya untuk menangkal radikal bebas dan menjadikan kulit cerah dan lebih segar, katekin juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan flek hitam, memperlambat penuaan dini dan meningkatkan produksi kolagen.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) AKFAR IB pada tanggal 23 Juni 2022 menggelar acara Sosialisasi Manfaat Katekin dan Produk Berbasis Katekin Untuk  Kesehatan Kulit. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini terselengara atas kerjasama AKFAR IB dengan BSPJI (Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri) Padang. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, kepala BPSJI Padang serta UMKM binaan BPSJI Padang. Kegiatan ini dihadiri oleh 45 undangan. Dalam sesi diskusi dan pameran dijelaskan manfaat katekin bagi kesehatan dan produk yang dapat dihasilkan untuk kesehatan kulit.  Sosialisasi dilakukan dengan menggunakan leaflet manfaat katekin sekaligus diperlihatkan produk hasil olahan dari katekin. Beberapa produk yang dipamerkan yaitu serum wajah siang, serum wajah malam, serum wajah anti jerawat, sabun wajah transparat, sabun padat wajah dan lip balm.  Produk ini sudah melewati beberapa fase penelitian yang telah dilakukan oleh dosen AKFAR IB yang diketuai oleh ibu Apt. Dwi Mulyani, S.Si, M.Farm. Diakhir acara 7 responden yang bersedia diminta untuk mengisi kuisioner tentang pengetahuan manfaat katekin bagi kesehatan kulit. (*/Mega)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *