Ibu Rahmayulis memberikan arahan cara membuat sabun padat transparan

Ibu Rahmayulis memberikan arahan cara membuat sabun padat transparan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi Yayasan Imam Bonjol Bukittinggi merupakan salah satu sekolah yang sama-sama berada dibawah naungan dari Yayasan Imam Bonjol Padang.  Dalam rangka berpartisipasi dalam peningkatan kompetensi lulusan dari SMK Farmasi Imam Bonjol, serta dalam rangka melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian, pada kesempatan ini AKFAR IB melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema sosialisasi pembuatan sabun padat transparan dengan sasaran siswa/siswi SMKF IB.  Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis, tanggal 19 Januari 2023 di Laboratorium Kimia Organik AKFAR IB.  Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya siswa/siswi beserta guru SMKF IB lebih memahami tentang cara pembuatan sabun padat transparan beserta formulasi yang digunakan.  Formula sabun yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini merupakan hasil penelitian dari ibu Rahmayulis, M.Farm dan ibu Apt. Mega Yulia, M.Farm yang dibantu oleh mahasiswa.

Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kali ini adalah dengan menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, pelatihan, yang dilanjutkan dengan diskusi serta evaluasi. Dalam kegiatan yang telah dilaksanakan, peserta terlihat telah memahami proses pembuatan sabun padat transparan.

Kelebihan dari kegiatan yang telah dilaksanakan adalah siswa/siswi SMKF beserta guru mendapatkan ilmu tentang produk yang bisa dikembangkan untuk dapat dikomersilkan selain dari beberapa produk yang telah mereka kembangkan sebelumnya. Kegiatan pelatihan ini telah berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.  (*/Mega)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *